Pondok Pesantren Madiinatul Musthofa

PONDOK PESANTREN MADINATUL MUSTHOFA

I. KETERANGAN SEPUTAR PONDOK PESANTREN MADINATUL MUSTHOFA

1(a). Sekilas tentang pondok pesantren

Pondok Pesantren Madinatul Musthofa adalah Lembaga Pendidikan Islam swasta yang menyelenggarakan Pendidikan dan Pengajaran menggunakan system Pondok Modern – Gontor dan Darul Musthofa – Hadromaut Yaman yang bermanhaj Ahlus Sunnah Waj jama’ah  dengan program yang lebih memfokuskan pada ilmu-ilmu agama ditambah pengetahuan umum, untuk mencetak kader-kader ulama dan da’i yang berwawasan luas serta beraqidah sunah wal jama’ah, dengan 3 sasaran utama yaitu ilmu, akhlak dan da’wah..

1(b). brief history of madinatul musthofa boarding school

Tahun pertengahan tahun 2007 sepulang dari menunaikan ibadah haji dan study di Pesantren Darul-Musthofa Tarim Hadromaut Yaman, Ustadz Mahmud bersama Ustadz Darbani diminta Mas Iman Adi Koesnaryo, S.E untuk mengajar dan menyempurnakan program Bahasa Arab dan Islamic Studies di Pesantren Ukir Ardhi yang dirintis bersama Ustadz Muflih dan Ustadz Sutisna dkk di lahan milik ayah beliau seluas 17 ha, di Pasir Bilik-Cirangkong-kasomalang-Subang.

Pesantren Ukir Ardhi diresmikan pendiriannya oleh KH. Aa Gym (Abdullah Gymnastiar) pada tahun 2002,  Semua lahan milik keluarga Mayjen (Purn) H. Murwanto Soeprapto, S.H. Dengan tujuan mencetak petani mutakamil atau petani yang memiliki pengetahuan agama yang memadai untuk bekal da’wah dan kemandirian dimasyarakat.

Karena beralihnya kepemilikan tanah, sejak tanggal 21 Maret 2007, maka para guru dan santri bermusyawarah untuk Merintis pesantren baru dengan nama awal Ardhul Musthofa, dengan bekal seadanya. Karena bekal yang dimiliki belum cukup, maka pesantren menumpang pada sebuah masjid dan majlis ta’lim asuhan Kyai Ahmad Mawardi cucu dari Kyai Pasirnaan di Kp. Limaratus, Ds. Sindangsari, Kec. Kasomalang, Subang.

Dengan melihat hasil pendidikan santri setelah dibukanya program pesantren terpadu yang cukup memuaskan, para ustadz dan anshor pesantren berhusnu zhan pada Allah bahwa pesantren ini insya Allah akan maju dan besar. Karena melihat kondisi pesantren dan lokasi yang kurang sesuai dan diperkirakan tidak cukup menampung tambahan murid baru tahun depan maka para ustadz berencana membeli lahan dan membangun pesantren dan masjid di lokasi baru di Kp. Batukapur, Ds. Curugagung, Kec. Sagalaherang, Kab. Subang, Jawa Barat untuk tahap awal seluas + 5 hektar. Alhamdulillah telah terbeli lahan 1 hektar dan telah dibangun bangunan berupa masjid dan kamar–kamar sederhana guru serta santri di lokasi Kp. Batu Kapur, Ds. Curugagung, Kec. Sagalaherang, Kab. Subang, Jawa Barat

Pesantren dengan nama Madinatul Musthofa ini dibuka dan diresmikan pada tanggal 16 Desember 2009.

 

2. TUJUAN (VISI DAN MISI)

Pesantren Madinatul Musthofa adalah Pesantren Kaderisasi yang menyiapkan calon ulama, da’i dan pemimpin dunia yang berwawasan Islam dan universal (nasional dan internasional).

1.Jangka Pendek:
a. Beriman kuat dan berpengetahuan luas.
b. Bisa melanjutkan studi di berbagai perguruan tinggi (baik di dalam atau atau luar negeri)
c. Memiliki lapangan perjuangan yang jelas dan sumber ekonomi yang mapan.

2.Jangka Panjang:

Menjadi ‘ulama, da’i dan pemimpin dunia yang diterima amal-perjuangannya di dunia dan akhirat.

3.CIRI KHAS PESANTREN
a. Bebas dari syirik dan khurafat.
b. Beraqidah Ahlus-sunnah Wa-l-Jama’ah.
c. Menjadi rahmat bagi manusia se-jagat dan untuk semua golongan.
d. Berdisiplin ketat dalam segala hal, dan semua kegaiatan disesuaikan dengan pendidikan Islam.
e. Bebas dari rokok, narkoba dan segala bentuk anarkhisme.
f. Pengkaderan da’i dengan menghidupkan amalan masjid nabawi.

4.PELAJARAN POKOK DAN BAHASA PENGANTAR
a. Pengetahuan agama Islam secara menyeluruh (kaffah).
b. Ilmu pengetahuan umum dan teknologi.
c. Pelajaran bahasa Arab dan Inggris diaplikasikan secara aktif sebagai bahasa pengantar pelajaran,
percakapan, diskusi, menulis dan lain sebagainya.
d. Diaktifkan setiap bulannnya dengan program da’wah menghidupkan amal masjid nabawi selama 1 hari /bulan

5.EKSTRAKURIKULER
Kegiatan ekstrakurikuler dipraktekkan dalam Organisasi Pelajar Pesantren dengan kegiatan rutin dan terorganisasi, seperti: pidato 3 bahasa (Indonesia, Arab dan Inggris) olah raga, kesenian dan diskusi dalam tiga bahasa, program amal masjid nabawi dll.

6.DISIPLIN
Disiplin adalah faktor penunjang keberhasilan belajar santri, diantaranya ialah: Disiplin ibadah, disiplin sekolah, disiplin asrama, disiplin bahasa, dan disiplin pergaulan sehari-hari.

Pelanggaran setiap disiplin dikenai sanksi yang bersifat mendidik dan tanpa diskriminasi (semua santri mendapat perlakuan sama dalam segala disiplin).

7.LEMBAGA PENDIDIKAN DI PESANTREN
Lembaga pendidikan Pondok Pesantren Madinatul Musthofa sederajat dengan Tsanawiyah atau ‘Aliyah yang proyek kedepannya akan mengupayakan perguruan tingggi bermutu bagi kaum muslimin yakni program pengajaran dengan berorientasi dua bahasa dunia (semua pelajaran agama berbahasa Arab dan semua pelajaran umum berbahasa Inggris). Kini memulai program Kulliyatu-l-Muallimin Al-Islamiyah (KMI Putera ); Setingkat SMP/Mts dan atau SMU/MA.

a. Program reguler ditempuh tamatan SD/MI selama 6 tahun.
b. Program Tatskiifi ditempuh tamatan SLTP/MTs selama 4 tahun.
c. Program Wajar Dikdas (Wustho’ dan Ula)
d. Program Diniyah dan TPA
e. Program Tahfidz Quran.

8.TUJUAN KEGIATAN PEREKONOMIAN
Pondk pesantren sejak awal berusaha untuk mandiri dengan mengolah lahan pertanian yang ada ketika awal berdiri, koperasi pelajar dan lain-lain usaha yang halal, dengan tujuan :

a. Mencetak kader pemimpin umat dunia yang memiliki dedikasi tinggi terhadap perjuangan dan mapan lapanganga ekonominya.
Mampu membiayai semua santri dan gurunya, dan mampu menaikkan haji semua guru secara bertahap seperti-halnya Al-Azhar University Kairo Mesir yang mempu membiayai lebih dari 3000 orang mahasiswa dan dosennya

Advertisements

About madinatulmusthofa

pesantren modren yeng terletak di bawah kaki bukit yang asri dan sejuk di daerah kamp.batukapur, desa.curuggagung, kab.subang, prov.jawa barat
This entry was posted in tentang pesantren madinatul musthofa and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s